Pages

AKU BANGGA INDONESIA

BAB 1
PENDAHULUAN
Latar belakang
       ada beberapa hal yang masih bisa di banggakan dari Indonesia. Rasa kecintaan pada tanah air cukup berat untuk diungkapkan namun di luar itu alangkah baiknya juga harus melihat Prestasi dari bangsa kita Negara kita pemudanya beberapa kali rutin menggondol medali dalam olimpiade science Internasional. Para senimannya pun beberapa kali meraup gelar kehormatan di pentas seni dunia, namun hal itu juga harus diikuti oleh prilaku kita untuk menjaga ke lestarian dan kehidupan baik segi politik, ekonomi, dan budaya dan juga membangun bangsa kita dalam aspek dan ruang lingkup apapun selama berguna agar bertambah rasa cinta dan bangga terhadap bangsa kita .           
bangga menjadi bangsa Indonesia karena Indonesia merupakan negeri yang penuh dengan rasa toleransi, bahkan mungkin Indonesia menjadi Negara pusat peradaban dunia Karena dengan sumber daya yang dimiliki hal itu sangatlah mungkin dan layak sekali, sebagai warga Negara Indonesia hal – hal yang bisa impikan Karena kita tau tanah Indonesia, merupakan tanah surga dimana  batu dan kayupun bisa jadi tanaman bahkan kandungan didalam buminya yang tanpa kita olahpun sudah bisa kita nikmati.
Banyak lagi hal yang kita banggakan karena Negara kita merupakan Negara dengan gugus kepulauan terbesar
didunia Island country.
Rumusan masalah
1.      Apa saja yang membuat kita bangga akan Indonesia?
2.      Apakah perekonomian di Indonesia sudah cukup  membanggakan ?
Tujuan penulisan
            Selain untuk melengkapi tugas perekonomian Indonesia, penulisan makalah ini pun di tujukan untuk memberikan informasi akan hal hal yang dapat di banggakan dari Indonesia serta bagaimana perekonomian Indonesia yang membanggkan saat ini.

BAB 2
PEMBAHASAN

Hal hal yang dapat membuat kita bangga akan Indonesia adalah sebagai berikut, antara lain:
1.      . Bahasa Indonesia
“Kami pemuda Indonesia berjanji menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.” Sebuah kutipan dari sumpah pemuda yang dengan semangatnya bisa membawa bahasa Indonesia menjadi sebuah bahasa yang dipelajari di 45 negara di dunia. Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa kedua bagi penduduk Ho Chi Minh City yang merupakan ibu kota Vietnam dan di Australia, bahasa Indonesia telah menjadi bahasa populer keempat. Tak hanya mendunia di dunia nyata, bahasa Indonesia juga mendunia di dunia maya, buktinya wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki  peringkat 26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin, selain itu bahasa Indonesia menjadi bahasa 3 yang paling banyak digunakan dalam posting postingan di wordpress.

2. Produk Nasional Bruto
Meskipun Warga Negara Indonesia banyak menjadi “babu” di negara lain, tapi dalam kenyataannya Indonesia merupakan negara yang kaya dalam hal finansial. Terbukti Indonesia berada dalam peringkat ke-16 terkaya di dunia menurut data di CIA World Factbook tahun 2009. Kekayaan Indonesia menjadi $ 968,500,000,000. Jumlah kekayaan ini bahkan melebihi jumlah kekayaan Australia, Saudi arabia, Taiwan, serta Malaysia yang merupakan negara-negara tujuan orang-orang Indonesia untuk mencari penghasilan.

  3.Pendidikan
Indonesia merupakan negara dengan pendidikan yang cukup bagus. Indonesia memiliki 2.700 perguruan tinggi, 14.500 program studi, serta 1.9 juta mahasiswa. Ini merupakan jumlah mahasiswa nomor 9 terbanyak di dunia. Indonesia juga memiliki sumber daya manusia yang berbakat dalam tingkat internasional. Buktinya, di tahun 2009 saja Indonesia meraih medali di olimpiade kimia, biologi, fisika, dan juga komputer. Untuk olimpiade Kimia 2009 Indonesia meraih 1 perak 3 perunggu, olimpiade biologi 2009 meraih 1 emas, 1 perak, 1 perunggu, olimpiade matematika untuk siswa sekolah dasar Indonesia meraih 10 emas, 9 perak dan 5 perunggu, serta untuk olimpiade komputer Indonesia meraih 2 medali perak dan 1 perunggu.

4.      Minyak Mentah
Indonesia memang kaya akan sumber daya, salah satunya adalah emas hitam ini. Berdasarkan pada data tahun 2008, Indonesia merupakan negara OPEC dengan produksi minyak tertinggi nomor 9 dengan produksi sebanyak 0,004 barel per kapita. Indonesia juga menduduki posisi yang sama dalam cadangan minyak mentah di antara negara OPEC dengan jumlah cadangan sebesar 0,05 barel per kapita.               

5.      Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia
yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni) . Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu :
Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).

6.      Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia, (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.        
           

7.      Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian,yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).              







8.      Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis  
(plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.     
   
Perekonomian di Indonesia sudah cukup bisa dikatakan membanggakan karena dilihat dari kemajuan kemajuan yang telah di capai oleh bangsa ini sendiri seperti meningkatnya pendapatan per kapita serta meratanya pembangunan serta pertumbuhan ekonomi Negara ini.
dengan tercerminnya strategi pembangunan yang diorientasikan dlm bidang industry seperti di Negara kita ini,  perekonomian akan berakar dalam negri ini dan nilai tambah pun akan tercipta dalam negri ini  serta dapat pula di nikmati oleh masyarakat.
Inflasi dalam Negara ini juga sudah dapat berkurang/ mengecil  karena kebijakan kebijakan pemerintah dalam mengatasinya sudah cukup baik dilaksanakan. Sehingga, sedikitnya masyarakat merasakan minimnya dampak akibat inflasi tersebut.
Selain itu, di Indonesia kita ini juga kita dapat menikmati hasil  hasil dari kekayaan alam yang terkandung dalam bangsa kita ini,yang juga dapat dijadikan suatu pendapatan Negara atas sumber daya sumber daya yang dimiliki Indonesia.
Infrastruktur Indonesia yang baik pun juga merupakan factor penambah devisa yang membuat Negara kita menjadi lebih kaya,hal tersebut juga  merupakan  sederetan hal yang membuat kita bangga akan perekonomian Indonesia.
BAB 3
KESIMPULAN

Kita patut bangga akan negara yang  juga memiliki seni dan budaya, bahkan masakan khas yang banyak sekali, SDA yang melimpah dan letak geografis yang paling strategis, di dalam peta dunia karena diapit dua benua, dua samudra.
Indonesia selain mempunyai banyak hal yang di unggulkan,Negara kita ini  merupakan Negara yang dilalui garis khatilistiwa bahkan lautnya adalah yang terluas didunia. Hal itulah yang mengapa dapat dikatakan bahwa Indonesia dapat menjadi peradaban dunia.

Sumber: www.google.com

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.