Pages

Price Controls : Price Ceiling dan Price Floor


Tugas Teori Ekonomi 1 - Bapak Dr. Prihantoro


Berbicara tentang pengendalian harga ( Price Controls ) terdapat dua hal yang akan dibahas yaitu Kebijakan harga tertinggi ( Price Ceiling ) dan Kebijakan harga terendah  ( Price Floor ). Price ceiling batasan yang dibuat pemerintah yang dibebankan untuk suatu produk. Pemerintah berniat untuk melindungi konsumen dari kondisi yang bisa membuat komoditas yang diperlukan tercapai. sedangkan Price floor adalah dengan ditetapkannya harga yang lebih tinggi dari harga pasar, produsen akan menjual barangnya lebih banyak, sedangkan permintaan oleh konsumen akan menurun. merupakan
Price ceiling menyebabkan terjadinya Shortage yaitu saat dimana jumlah permintaan lebih besar dari jumlah penawaran (Qd > Qs). Mengapa bisa terjadi demikian? Saat pemerintah menetapkan Price ceiling yang tidak sesuai dengan harga yang ingin dijualkan oleh penjual, penjual pun akan merasa rugi, lalu mereka memberhentikan produksinya sehingga barang yang dihasilkan sedikit, terjadilah kelangkaan  pada barang tersebut padahal permintaan dari barang tersebut banyak. Dari kelangkaan ini dibuatlah shortage agar penjual tidak menjual barangnya melebihi harga yang telah ditetapkan pemerintah. Hal ini mendorong terjadinya pasar gelap karena penjual mau menjual barangnya dengan harganya sendiri tanpa mau mengikuti harga yang telah di tetapkan pemerintah.
Selanjutnya adalah Price floor. Price floor menyebabkan terjadinya Surplus atau saat dimana penawaran lebih besar dari permintaan ( Qs > Qd ). Contohnya adalah pakaian lokal dengan pakaian impor. Produksi pakaian lokal yang ada tidak sebanyak dengan  produksi pakaian impor. Pakaian impor saat ini pun mudah di dapat dan harganya pun lebih murah, sehingga banyak permintaan yang datang. hal tersebut membuat penawaran akan produksi pakaian lokal tinggi. Salah satu cara yang digunakan ntuk mempertahankan agar pakaian lokal itu tetap laku dipasaran adalah dengan membatasi harga pakaian impor dengan harga minimal,tidak di bawah harga terendah yang telah di tatapkan oleh pemerintah.

1 comment:

  1. Jelaskan mengapa para ekonom biasanya menentang control terhadap harga ini

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.