Pages

Change in Supply

      Tugas Teori Ekonomi 1 - Bapak Dr. Prihantoro


      Penawaran adalah banyaknya barang atau jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Penawaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain harga bahan baku,tingkat teknologi, jumlah produsen di pasar, ekspektasi atau perkiraan harga masa depan, pajak dan subsidi,serta pembatasan pemerintah.
      Disini kita akan membahas tentang pergeseran kurva pernawaran yang dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut.
gambar kurva
                        Kurva A                                                                    Kurva B


Kurva A dan kurva B diatas merupakan kurva penawaran. Kedua kurva tersebut mengalami Pergeseran kurva yang mempengaruhi kuantitas (Q).
Kedua kurva tersebut bergeser karena adanya faktor perubahan penawaran ( Change in Supply ) Kurva A yang bergeser ke kanan dari S ke S’ disebabkan karena yaitu faktor teknologi dan subsidi. Teknologi yang ada dan yang semakin berkembang dapat membantu para produsen untuk memperbanyak kuantitas barang yang akan diproduksinya, contoh disini adalah pakaian. Bila produsen meproduksi pakaian dengan menggunakan teknologi canggih maka hasil dari produksi itu pun akan lebih banyak. Sehingga dengan begitu produsen dapat menjual produksi pakaiannya dengan harga tetap namun dengan kuantitas yang lebih banyak. lalu, faktor yang kedua yaitu subsidi. Subsidi yang diberikan pemerintah juga dapat menambah kuantitas barang karena dengan adanya subsidi yang diberikan maka produsen dapat lebih banyak menghasilkan produksinya atau dapat menambah kuantitas dari barang yang dihasilkannya tersebut.
Yang selanjutnya ialah kurva B. Kurva B yang mengalami pergeseran ke kiri dari S ke S' merupakan pergeseran jumlah kuantitas yang menurun. Disini juga ada 2 faktor change in supply yang mempengaruhinya, yaitu harga bahan baku dan pajak. Harga bahan baku yang meningkat  menyulitkan para produsen dalam memproduksi barangnya sehingga untuk mempertahankan konsumennya mereka harus mengurangi kuantitas dari hasil produksinya lalu menjualnya dengan harga yang sama. Begitu juga dengan pajak. Bila pajak yang dikenakan kepada produsen bertambah, maka produsen akan mengurangi hasil produksinya untuk memaksimalkan penjualannya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.