Pages

Ukuran Produktivitas dalam Industri


           Penilaian prestasi kerja adalah proses untuk mengukur prestasi kerja pegawai berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan, dengan cara membandingkan sasaran (hasil kerjanya). Dengan persyaratan deskripsi pekerjaan yaitu standar pekerjaan yang telah ditetapkan selama periode tertentu. Standar kerja tersebut dapat dibuat baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Pada pengukuran kinerja perusahaan , informasi ini digunakan guna mengembangkan pengukuran kinerja secara konsisten dari unit organisasi desentralisasi, sesuai dengan strategi dalam rangka mendukung dan memfasilitasi koordinasi dengan unit bisnis lainnya.

      Dalam aspek penggunaaan tenaga kerja , siklus informasi  ini juga menggandung mekanisme pengendalian terhadap beban tenaga kerja : mulai dari rekruitmen , penetapan  standar tarif tenaga kerja, standar produk yang dihasilkan, serta bentuk kompensasi  untuk mendorong produkstifitas pegawai guna menghasilkan produk diatas standar yang telah ditetapkan terlebih dahulu .    

       Kaitannya dengan pengukuran dan produktivitas,   Pemberdayaan pegawai ( Employee empowerment), sangat diperlukan karena, manjemen memberikan kedekatan antara pegawai dengan proses operasi, langanan dan supplier untuk membuat keputusan . Pegawai diberikan wewenang untuk memecahkan masalah dan diberikan fasilitas untuk pengembangan dan pendekatan baru  yang kreatif, dalam rangka kinerja pekerjaan dan kepuasan pelanggan.
Perlunya evaluasi kinerja adalah untuk:



      1.      Mengelola operasi organisasi secara efektif dan efisien melalui pemotivasian personel secara maksimum.
    2.      Membantu pengambilan keputusan yang berkaitan dengan penghargaan personel, seperti : promosi, transfer, dan pemberhentian.
     3.      Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan pengembangan personal dan untuk menyediakan kriteria seleksi dan evaluasi program pelatihan personel.
     4.      Menyediakan suatu dasar untuk mendistribusikan penghargaan.

Misalnya, sistem penilaian kerja di PT. Pos Indonesia
Penilaian ini dilaksanakan dengan format penilaian tersendiri yang disebut dengan PG21 yang isinya adalah sebagai berikut:
  • Penilaian Prestasi

Penilaian prestasi lebih menitikberatkan kepada hasil yang dapat diukur dengan satu satuan ukuran yaitu jumlah,waktu dan biaya.
  • Penilaian Hubungan Kerja

Penilaian ini digunakan untuk menciptakan sebuah team work yang handal yang sangat dibutuhkan dalam memberikan pelayanan yang prima terhadap para pelanggan
  • Penilaian sifat-sifat pribadi

Penilaian ini bertujuan untuk menilai kecakapan afektif dari seorang pegawai.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.