Penilaian
prestasi kerja adalah proses untuk mengukur prestasi kerja pegawai berdasarkan
peraturan yang telah ditetapkan, dengan cara membandingkan sasaran (hasil
kerjanya). Dengan persyaratan deskripsi pekerjaan yaitu standar pekerjaan yang
telah ditetapkan selama periode tertentu. Standar kerja tersebut dapat dibuat
baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Pada pengukuran kinerja perusahaan ,
informasi ini digunakan guna mengembangkan pengukuran kinerja secara konsisten
dari unit organisasi desentralisasi, sesuai dengan strategi dalam rangka
mendukung dan memfasilitasi koordinasi dengan unit bisnis lainnya.
Dalam aspek penggunaaan tenaga
kerja , siklus informasi ini juga
menggandung mekanisme pengendalian terhadap beban tenaga kerja : mulai dari
rekruitmen , penetapan standar tarif
tenaga kerja, standar produk yang dihasilkan, serta bentuk kompensasi untuk mendorong produkstifitas pegawai guna
menghasilkan produk diatas standar yang telah ditetapkan terlebih dahulu .
Kaitannya dengan pengukuran dan
produktivitas, Pemberdayaan pegawai ( Employee
empowerment), sangat diperlukan karena, manjemen memberikan kedekatan antara
pegawai dengan proses operasi, langanan dan supplier untuk membuat keputusan .
Pegawai diberikan wewenang untuk memecahkan masalah dan diberikan fasilitas
untuk pengembangan dan pendekatan baru
yang kreatif, dalam rangka kinerja pekerjaan dan kepuasan pelanggan.
Perlunya
evaluasi kinerja adalah untuk:
1. Mengelola
operasi organisasi secara efektif dan efisien melalui pemotivasian personel
secara maksimum.
2. Membantu
pengambilan keputusan yang berkaitan dengan penghargaan personel, seperti :
promosi, transfer, dan pemberhentian.
3. Mengidentifikasi
kebutuhan pelatihan dan pengembangan personal dan untuk menyediakan kriteria
seleksi dan evaluasi program pelatihan personel.
4. Menyediakan
suatu dasar untuk mendistribusikan penghargaan.
Misalnya,
sistem penilaian kerja di PT. Pos Indonesia
Penilaian
ini dilaksanakan dengan format penilaian tersendiri yang disebut dengan PG21
yang isinya adalah sebagai berikut:
- Penilaian Prestasi
Penilaian
prestasi lebih menitikberatkan kepada hasil yang dapat diukur dengan satu
satuan ukuran yaitu jumlah,waktu dan biaya.
- Penilaian Hubungan Kerja
Penilaian
ini digunakan untuk menciptakan sebuah team work yang handal yang sangat
dibutuhkan dalam memberikan pelayanan yang prima terhadap para pelanggan
- Penilaian sifat-sifat pribadi
Penilaian ini bertujuan untuk menilai kecakapan afektif dari seorang pegawai.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.