Total
Quality Control (TQC) adalah suatu
proses terkendali yang melibatkan orang,sistem serta alat-alat dan
teknik-teknik pendukung, dengan demikian TQC merupakan suatu agen perubahan yang
menyiapkan suatu organisasi untuk berorientasi pada kepentingan pelanggan.
Teori Kaizen
Kaizen
merupakan suatu filosofi dari Jepang yang memfokuskan diri pada pengembangan
dan penyempurnaan secara terus menerus atau berkesinambungan dalam perusahaan
bisnis. Kaizen melibatkan pemodal, karyawan dan manajer semua lini dalam
perusahaan untuk pengembangan perusahaan ke arah yang lebih baik. Kaizen
berasal dari Bahasa Jepang yaitu kai artinya perubahan dan zen artinya baik. Di
Cina kaizen bernama gaishan di mana gai berarti perubahan / perbaikan dan shan
berarti baik / benefit. Kaizen merupakan aktivitas harian yang pada prinsipnya
memiliki dasar sebagai berikut:
1.Berorientasi
pada proses dan hasil.
2. Berpikir secara sistematis pada seluruh proses
3. Tidak menyalahkan, tetapi terus belajar dari kesalahan yang terjadi di lapangan.
Kaizen
atau perbaikan secara terus menerus selalu beriringan dengan Total Quality
Management (TQM). Bahkan sebelum filosofi TQM ini terlaksana atau sebelum
sistem mutu dapat dilaksanakan dalam suatu perusahaan maka filosofi ini tidak
akan dapat dilaksanakan sehingga perbaikan secara terus menerus (Just in time)
ini adalah usaha yang melekat pada filosofi TQM itu sendiri.
Teori
Kanban
Kanban
adalah sebuah konsep yang bisa digunakan untuk memperoleh sebuah sistem
produksi yang lean dan JIT (Just-in-time). Cara kerja dari kanban ini adalah
memberikan sinyal kepada sistem untuk melakukan tindakan. Sinyal yang diberikan
tersebut adalah informasi mengenai jenis item,waktu penggunaannya dan seberapa
banyak yang akan diproses. Selain itu, kanban juga berfungsi untuk menunjukkan
permasalahan, karena apabila jumlah kanban yang beredar kurang maka pasti ada
permasalhan yang terjadi. Dengan kata lain kanban juga dapat membantu
terjadinya Kaizen.
Salah
satu contoh industri jepang yang berhasil adalah Panasonic:
Panasonic
Corporation adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri elektronik.
Perusahaan ini berpusat di kawasan Kodoma,Jepang. Sebuah kawasan yang merupkan
salah satu pusat perindustrian besar Jepang. Perusahaan ini berdiri sejak tahun
1918 dan didirikan oleh Konosuke Matsushita dengan produk awal soket lampu
duplek. Sejak itulah perusahaan ni tumbuh menjadi salah satu raksasa elektronik
dari jepang. Sukses dengan produk pertamanya, panasonic memperbanyak varian
produk mereka namun tetap pada segmen pasar yang sama. Sebagai perusahan elektronik,
perusahaan ini tidak hanya fokus terhadap bisnis semata namun perusahaan ini
juga membentuk klub sepak bola dimaksudkan untuk menarik dan meningkatkan
perhatian masyarakat atau pelanggan. Hal tersebut menjadi kunci keberhasilan
perusahaan ini.
thx yah sangat membantu saya dlam tugas S2 ini ^^
ReplyDelete