Pages

Apa yang Dilakukan Perusahaan Jika Mengalami Kerugian Jangka Panjang??

Tugas Teori Ekonomi 2 - Bapak Dr. Prihantoro



         Kesulitan keuangan perusahaan adalah suatu keadaan perusahaan yang tidak dapat memenuhi kewajibannya. Perusahaan yang menghadapi kesulitan keuangan umumnya  menanggapi  atau merespon dengan tindakan-tindakan seperti pengurangan dividen, pengurangan tenaga kerja, dan menutup pabrik atau divisi. Untuk itu diperlukan keputusan jangka panjang yang di pengaruhi oleh kondisi dimana perusahaan juga dapat meningkatkan atau menurunkan skala produksinya yang tergantung pada kemungkinan biaya pada setiap skala operasi.



        Kerugian terjadi jika Shut down = Fixed Cost.  Bila P < ATC maka dalam jangka pendek perusahaan harus menutup perusahaannya. sedangkan jika P > ATC maka perusahaan tersebut bisa tetap beroperasi.

           
               
Perusahaan  bisa masuk kedalam pasar bila dianggap menguntungkan atau keuntungan ekonominya  >  0 begitupun sebaliknya, keluar bila teradi kerugian ekonomi. Semakin banyak perusahaan yang masuk pasar maka semakin banyak juga penawaran barang industri. Pada kurva dapat dilihat pergeseran kurva S bergerak dari S1 ke S2. Hal tersebut mengakibatkan harga pasar turun dari P0 ke P1 yang mengakibatkan juga penurunan keuntungan dari perusahaan-perusahaan yang ada di pasar tersebut. Mungkin untuk jangka pendek, perusahaan-perusahaan tersebut dapat bertahan, namun untuk jangka panjang mereka tidak akan tahan dan akhirnya keluar dari pasar tersebut. Apalagi di tambah dengan adanya oppotunity cost yang lebih tinggi.


Referensi : http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/373/jbptunikompp-gdl-imamsantos-18619-17-ekmanba-r.pdf

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.