JUDUL
The Many Faces of
Honda
Richard
P. Rumelt
1995
TEMA
Strategi perusahaan
Honda yang menimbulkan keunggulan komparatif dan kompetitif
1. PENDAHULUAN
1.1 Fenomena
Honda
Motor Company merupakan perusahaan yang memeproduksi mobil,motor dan truk
perusahaan ini berasal dari jepang dan merupakan produsen sepeda motor
terbesar. Honda juga tergabung dalam deretan perusahaan elit yang sukses dalam
strategi bisnisnya. Hal itu terbukti karena honda lebih unggul dari
pesaing-pesaingnya. Perusahaan Honda di Jepang lebih maju daripada perusahaan
di negara lain seperti misalnya Inggris. Hal tersebut terjadi karena perusahaan
di jepang itu lebih menggunakan strategi yang ada secara efektif. Dengan melakukan
strategi tersebut maka perusahaan itu lebih bisa bersaing secara efektif dan
kompetitif. Keunikan produk yang dimiliki oleh industri ini juga salah satu
alternatif strategi yang dibuat untuk menarik minat pembeli.
1.2 Motivasi Penelitian
Tujuan
dari penulisan jurnal ini adalah untuk menjelaskan sebab mengapa perusahaan Honda di Jepang mampu menguasai
pangsa pasar daripada industri sepeda motor yang ada di negara lain.
2. METODE
2.1 Data Penelitian
Data
yang digunakan dalam analisis ini adalah data primer dan sekunder dimana data
data ini diambil berdasarkan riset terdahulu yang dilakukan oleh BCG (British
Chelonia Group), laporan dari Pascale dan laporan dari Prahalad & Hamel.
2.2 Model Penelitian
Penelitian
ini dilakukan dengan observasi langsung, yaitu lewat wawancara yang dilakukan
Pascale kepada enam orang eksekutif Honda serta pengamatan langsung yang
dilakukan oleh BCG dan Prahalad & Hamel.
3. HASIL DAN
PEMBAHASAN
Gambar 1
Dari grafik ini dapat dilihat
bahwa penjualan honda hingga tahun 2011 terus mengalami kenaikan. Perusahaan
asal jepang ini mempunyai sesuatu yang khusus yaitu perusahaan ini telah
melakukan penjualan dengan strategi. Strategi
tersebut dilandaskan dari kesuksesannya sehingga mendapatkan keuntungan yang
tinggi, kemapuan dalam bereksperimen dan cepat dalam menemukan peluang serta
kemampuan Honda dalam bersaing dengan pesaingnya yang lain. Dengan strategi tersebut
perusahaan ini dapat menguasai pangsa pasar dan masuk sebagai perusahaan dengan
penjualan terbesar atas pesaingnya yaitu Yamaha dan Suzuki (Gambar 1).
Jepang
Dari diagram diatas juga dapat dilihat bahwa penjualan
Honda di Jepang lebih besar dari penjualan motor di Inggris. Penjualan di Jepang
hampir menguasai setengah dari pangsa pasar industri kendaraan bermotor yaitu
mencapai 49,92% sedangkan di inggris hanya 16%. Keberhasilan Industri Honda di
Jepang berasal dari pertumbuhan pasar domestiknya sedangkan pesaingnya yaitu
Inggris hanya mempertahankan profitabilitas jangka pendeknya untuk menjadi
fokus utama yang sebenarnya bisa mencapai kesuksesan bila volume penjualannya
tercapai.
Perusahaan
Honda di Jepang mampu memproduksi produknya dengan biaya yang lebih murah dari
negara lain dan mereka pun mampu menjualnya dengan harga yang rendah daripada
negara lain, dengan begitu perusahaan di Jepang ini mampu bersaing secara
komparatif.
Ada beberapa faktor juga yang mempengaruhi
penjualan tersebut seperti teknologi, promosi atau iklan, kualitas produk serta
tingkat permintaan atas barang tersebut. Jepang memanfaatkan keunggulan
komparatifnya melalui penetapan harga yang agresif dan iklan.
Selain itu kepemimpinan yang
mampu melakukan inovasi juga membukakan jalan untuk meningkatkan penjualan. Pemimpin
yang mampu memberikan terobosan baru dan yang dapat memberikan ide-ide yang
inovatif akan lebih mudah mencapai volume penjualan yang diinginkan.
4. KESIMPULAN DAN
REKOMENDASI
Kesimpulan dari jurnal ini
adalah bahwa perusahaan Honda di Jepang lebih unggul secara kompetitif dan
komparatif dari Industri di Inggris. Hal tersebut dapat dilihat dari cara
industri jepang yang lebih bisa menguasai strategi dan menjalankannya secara
efektif sehingga lebih mudah untuk menguasai segmen pasar. Honda di jepang juga
memiliki kompetensi unggul lewat inovasi yang dibuat seperti pada desain mesin
yang terus berkembang.
Sebaiknya
industri di negara lain juga mempunyai strategi dalam menjual produknya, dimana
strategi tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan bila dilakukan
secara efektif. Strategi tersebut bisa dilakaukan bila perusahaan ingn terus
menguasai pangsa pasar. Strategi alternatif yang dapat dilakukan juga bisa berupa
promosi/iklan dan pembuatan mesin baru yang lebih efisien.
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.