Pages

ANALISIS JURNAL



JUDUL
The Many Faces of Honda
Richard P. Rumelt
1995
TEMA
Strategi  perusahaan Honda yang menimbulkan keunggulan komparatif dan kompetitif

1.       PENDAHULUAN

1.1    Fenomena
Honda Motor Company merupakan perusahaan yang memeproduksi mobil,motor dan truk perusahaan ini berasal dari jepang dan merupakan produsen sepeda motor terbesar. Honda juga tergabung dalam deretan perusahaan elit yang sukses dalam strategi bisnisnya. Hal itu terbukti karena honda lebih unggul dari pesaing-pesaingnya. Perusahaan Honda di Jepang lebih maju daripada perusahaan di negara lain seperti misalnya Inggris. Hal tersebut terjadi karena perusahaan di jepang itu lebih menggunakan strategi yang ada secara efektif. Dengan melakukan strategi tersebut maka perusahaan itu lebih bisa bersaing secara efektif dan kompetitif. Keunikan produk yang dimiliki oleh industri ini juga salah satu alternatif strategi yang dibuat untuk menarik minat pembeli.

1.2  Motivasi Penelitian 
Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk menjelaskan sebab mengapa  perusahaan Honda di Jepang mampu menguasai pangsa pasar daripada industri sepeda motor yang ada di negara lain.
2.       METODE

2.1    Data Penelitian
Data yang digunakan dalam analisis ini adalah data primer dan sekunder dimana data data ini diambil berdasarkan riset terdahulu yang dilakukan oleh BCG (British Chelonia Group), laporan dari Pascale dan laporan dari Prahalad & Hamel.

2.2    Model Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung, yaitu lewat wawancara yang dilakukan Pascale kepada enam orang eksekutif Honda serta pengamatan langsung yang dilakukan oleh BCG dan Prahalad & Hamel.

3.      HASIL DAN PEMBAHASAN

Gambar 1

                Dari grafik ini dapat dilihat bahwa penjualan honda hingga tahun 2011 terus mengalami kenaikan. Perusahaan asal jepang ini mempunyai sesuatu yang khusus yaitu perusahaan ini telah melakukan penjualan dengan strategi.  Strategi tersebut dilandaskan dari kesuksesannya sehingga mendapatkan keuntungan yang tinggi, kemapuan dalam bereksperimen dan cepat dalam menemukan peluang serta kemampuan Honda dalam bersaing dengan pesaingnya yang lain. Dengan strategi tersebut perusahaan ini dapat menguasai pangsa pasar dan masuk sebagai perusahaan dengan penjualan terbesar atas pesaingnya yaitu Yamaha dan Suzuki (Gambar 1).
                                                                    
                                                      
                                           Inggris
                               Jepang                                                                      

Dari  diagram diatas juga dapat dilihat bahwa penjualan Honda di Jepang lebih besar dari penjualan motor di Inggris. Penjualan di Jepang hampir menguasai setengah dari pangsa pasar industri kendaraan bermotor yaitu mencapai 49,92% sedangkan di inggris hanya 16%. Keberhasilan Industri Honda di Jepang berasal dari pertumbuhan pasar domestiknya sedangkan pesaingnya yaitu Inggris hanya mempertahankan profitabilitas jangka pendeknya untuk menjadi fokus utama yang sebenarnya bisa mencapai kesuksesan bila volume penjualannya tercapai.
Perusahaan Honda di Jepang mampu memproduksi produknya dengan biaya yang lebih murah dari negara lain dan mereka pun mampu menjualnya dengan harga yang rendah daripada negara lain, dengan begitu perusahaan di Jepang ini mampu bersaing secara komparatif.
                Ada beberapa faktor juga yang mempengaruhi penjualan tersebut seperti teknologi, promosi atau iklan, kualitas produk serta tingkat permintaan atas barang tersebut. Jepang memanfaatkan keunggulan komparatifnya melalui penetapan harga yang agresif dan iklan.
                Selain itu kepemimpinan yang mampu melakukan inovasi juga membukakan jalan untuk meningkatkan penjualan. Pemimpin yang mampu memberikan terobosan baru dan yang dapat memberikan ide-ide yang inovatif akan lebih mudah mencapai volume penjualan yang diinginkan.

4.      KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

                Kesimpulan dari jurnal ini adalah bahwa perusahaan Honda di Jepang lebih unggul secara kompetitif dan komparatif dari Industri di Inggris. Hal tersebut dapat dilihat dari cara industri jepang yang lebih bisa menguasai strategi dan menjalankannya secara efektif sehingga lebih mudah untuk menguasai segmen pasar. Honda di jepang juga memiliki kompetensi unggul lewat inovasi yang dibuat seperti pada desain mesin yang terus berkembang.
                Sebaiknya industri di negara lain juga mempunyai strategi dalam menjual produknya, dimana strategi tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan bila dilakukan secara efektif. Strategi tersebut bisa dilakaukan bila perusahaan ingn terus menguasai pangsa pasar. Strategi alternatif yang dapat dilakukan juga bisa berupa promosi/iklan dan pembuatan mesin baru yang lebih efisien. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.